Sekolah Rakyat Ancol

Pendidikan adalah Ibadah, demikianlah tagline dari Yayasan Sekolah Rakyat Indonesia (YSRI) ketika pertama kali memperkenalkan model belajar mandiri. Sehingga kami memahaminya dengan membuka sarana ini dan memberikan nama Tempat Kegiatan Belajar Mandiri Harapan Mulia (TKBM HM) dibawah naungan SMP Terbuka Koja ( SMPN 30 Jakarta ). Berdiri sejak Juni 2004 yang di prakarsai oleh Bapak Bambang Sasongko dan rekan-rekan.

Sekolah ini didirikan untuk memberikan kesempatan kepada anak-anak yang kurang mampu karena terkendala ekonomi di sekitar wilayah Pademangan, Jakarta Utara dan sekitarnya. Sekolah ini memberi ruang dan kesempatan untuk anak-anak kurang mampu agar tetap bersekolah dalam jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Dukungan dan kontribusi serta peran aktif perusahaan di sekitar TKBM, Yayasan dan Pemerintah setempat membuat TKBM berkembang hingga saat ini. Seiring berjalannya waktu dan beragam kegiatan sekolah, serta dukungan yang intensif dari PT. Pembangunan Jaya Ancol, Tbk, maka di tahun kedua TKBM HM berubah menjadi Sekolah Rakyat Ancol 1 (SRA I).

Tahun 2009/2010 SRA I sepenuhnya menginduk ke SMPN 84 Jakarta, dikarenakan SMPN 30 sudah meningkat standarnya menjadi sekolah Rintisan Sekolah Berbasis Internasional (RSBI) yang mana tidak diperbolehkannya lagi untuk menjadi sekolah induk dari SMP Terbuka.

Perpindahan ini tidak mengurangi kegiatan yang sudah berjalan di sekolah induk sebelumnya, bahkan semakin berkembang. Dalam perjalanannya menginjak tahun ke VI, SRA I semakin menunjukan eksistensinya di tengah masyarakat dan prestasinya. Antusiasme masyarakat terhadap program ini dapat dilihat dari keinginan mereka untuk mendaftarkan putra-putrinya tiap tahun yang semakin meningkat. Partisipasi siswa baik dalam mewakili SMP Induk ataupun dalam kegiatan yang diikiuti SRA I sendiri, seperti Lomba Motivasi belajar mandiri (Lomojari) Tingkat Nasional mendapatkan peringkat pertama di tahun 2009.

Di tengah keterbatasan fasilitas yang dimiliki beberapa program dilakukan untuk menunjang kreativitas dan kompetensi akademis siswa untuk mendapatkan hasil yang maksimal bagi perkembangan individu siswa Sekolah Rakyat Ancol 1.

PT. Pembangunan Jaya Ancol, Tbk, melalui CSR Departement adalah pendukung utama terselenggaranya pendidikan di Sekolah Rakyat Ancol. Kepeduliannya dalam hal pendidikan terutama sekali pendidikan bagi anak-anak kurang mampu dari segi ekonomi.

VISI

Menjadi Sekolah Model berbasis Kewirausahaan yang menghasilkan Generasi Mandiri, Berjiwa Pemimpin, Berakhlak Mulia dan Berwawasan Lingkungan.

MISI

  • Menyelenggarakan Layanan Pendidikan yang Merata dan Berkualitas
  • Menanamkan Nilai-nilai Kewirausahan
  • Menumbuhkan Semangat Berkompetisi
  • Mengembangkan Kurikulum berbasis Kewirausahaan yang Berwawasan Lingkungan
  • Membangun Kemitraan dengan Stakeholder
  • Meningkatkan Kompetensi dan Kualifikasi Guru.

SRA SEBAGAI PENDIDIKAN ALTERNATIF

Sabtu, 23 Juni 2018

Peran pendidikan dalam sebuah bangsa sangatlah besar. Pendidikan akan membangun sebuah peradaban, dimana budaya dan kebiasaan manusia akan dibentuk sesuai dengan fitrah kemanusiaannya. Menjadi sangatlah penting ketika pemerintah mengambil peran yang cukup besar dalam bidang pendidikan. Karena generasi bangsa akan ditentukan dari kualitas pendidikan yang di hasilkan.

PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU

Sekolah Rakyat Ancol tahun ajaran 2018-2019 kembali menerima peserta didik baru bagi para siswa-siswi lulusan Sekolah Dasar yang berada di sekitar wilayah Kecamatan Pademangan. Sekolah Rakyat Ancol membuka di dua sekolah yang berbeda lokasi. Pertama di wilayah kelurahan Pademangan Barat, Sekolah Rakyat Ancol 1, yang terletak di Jl. Industri III Dalam RT. 006 RW. 014, Kelurahan Pademangan Barat. Kedua di wilayah kelurahan Ancol, Sekolah Rakyat Ancol 2 yang berlokasi di Jl. Ancol Barat 1 RT. 006 RW. 01 Kelurahan Ancol.

Pendaftaran di buka mulai tanggal 25 Juni 2018 sampai dengan tanggal 29 Juni 2018. Untuk Sekolah Rakyat Ancol 1 pendaftaran dimulai dari jam 10.00-14.00 wib. Sedangkan Sekolah Rakyat Ancol 2 dimulai dari jam 09.00-12.00 wib. Pendaftaran tidak dipungut biaya. Jumlah peserta didik baru yang diterima tahun ini terbatas. Sehingga bila calon peserta didik yang mendaftar melebihi kuota yang ditentukan, maka akan dilakukan proses seleksi, diantaranya Tes Kemampuan Akademik, Tes Wawancara, serta dilakukan survey kelayakan. Karena sesungguhnya Sekolah Rakyat Ancol adalah sekolah terbuka yang diperuntukan bagi anak-anak yang tidak mampu dari segi ekonomi. Adapun syarat-syarat awalnya adalah mengisi formulir pendaftaran, kemudian Kartu Keluarga (KK) beserta photocopy nya, kemudian Akte Kelahiran, pas photo 3 x 4, photocopy raport kelas 6, serta dengan melampirkan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari Kelurahan setempat bila sudah diterima sebagai siswa Sekolah Rakyat Ancol