Forum CSR dan Dinas Sosial DKI Gelar Padmamitra+ Awards

Jakarta, Beritasatu.com – Forum Corporate Social Responsibility (CSR) DKI Jakarta bersama Dinas Sosial (Dinsos) DKI menggelar Padmamitra+ Awards 2019. Ajang penghargaan untuk perusahaan yang telah menjalankan tanggung jawab sosialnya sudah memasuki tahun ketiga.

Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta, Irmansyah mengatakan, ­­potret kemiskinan dan ketimpangan sosial yang ada di DKI Jakara merupakan permasalahan yang harus diselesaikan bersama oleh seluruh elemen masyarakat.

“Berdasarkan data BPS DKI Jakarta, persentase penduduk miskin di DKI Jakarta pada Maret 2019 mencapai 3,47 persen. Turun dibandingkan September 2018 yang mencapai 3,55 persen. Ini merupakan angka kemiskinan terendah se-Indonesia,” kata Irmansyah dalam konferensi media Sustain Ability Fest 2019 di Hotel Akmani, Jalan Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Rabu (25/9/2019).

Penurunan angka kemiskinan sebesar 0,08 persen, lanjut Irmansyah, menegaskan keberhasilan program Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI dalam mengatasi kemiskinan.

“Namun, bukan berarti pekerjaan rumah telah usai. Karena masih ada 365.550 warga miskin di Jakarta yang wajib disejahterakan,” ujar Irmansyah.

Menurutnya, kesejahteraan sosial merupakan masalah multidimensi yang meliputi pemenuhan kebutuhan material, spritual dan sosial, sehingga untuk mengentaskannya diperlukan Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) yang kuat dan berdaya.

“Dunia usaha merupakan PSKS yang diharapkan dapat berkontribus optimal dalam penanganan permasalahan sosial melalui implementasi tanggung jawab sosial perusahaan (SCR),” terang Irmansyah.

Sebagai apresiasi atas upaya PSKS dalam menyelesaikan permasalahan kesejahteraan sosial dan membantu tercapainya tujuan pembangunan berkelanjutan, Forum CSR DKI bekerja sama dengan Pemprov DKI memberikan penghargaan kepada organisasi masyarakat, yayasan dan dunia usaha yang telah memberikan program CSR untuk pengentasan masalah kesejahteraan sosial.

“Kita akan gelar Padmamitra+ Awards 2019. Ini tahun ketiga kita menggelar ajang penghargaan ini,” ungkap Irmansyah.

Ditempat yang sama, Ketua Forum CSR DKI, Mahir Bayasut, mengatakan penyelenggaraan Padmamitra+ Awards 2019 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Perbedaannya, terlihat dari jumlah kategori penghargaan.

“Kalau sebelumnya hanya tujuh kategori. Tahun ini bertambah menjadi 15 kategori. Penambahan ini dilakukan untuk lebih memberikan apresiasi kepada setiapinsan perusahaan, organisasi, lembaga atau NGO,” kata Mahir Bayasut.

Dijelaskannya, Padmamitra+ Awards 2019 merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Sustain Ability Fest 2019. Kegiatan ini diawali dengan sosialisasi dan audiensi dengan Gubernur DKI Jakarta. Program yang digelar sejak Agustus itu menghadirkan sejumlah rangkaian kegiatan. Mulai dari creative talk dengan menghadirkan para pembicara pakar dan Community Action dan Donation berupa bakti sosial ke panti sosial Tuna Netra Bina Cahaya Batin.

Lalu, voluntary action berupa restorasi kerang hijau yang bersinergi dengan PT Pembangunan Jaya Ancol, eksibisi, hingga penghargaan Padmamitra+ Awards 2019 yang akan digelar pada 2 November 2019 mendatang.

“Untuk Padmamitra+ Awards, digelar dua tahun sekali. Sampai saat ini, sudah ada 60 perusahaan yang mendaftar untuk mengikuti Padmamitra + Awards 2019. Dari jumlah tersebut, 70 persennya adalah pihak swasta atau pelaku usaha dan 30 persen adalah organisasi seperti Baznas, Perguruan Tinggi, dan sebagainya. Sebelumnya, jumlah pendaftar hanya 15-20 perusahaan,” tutup Mahir Bayasut.

Sumber: BeritaSatu.com